E-Business Dan E-Commerce
Pengertian
E-Business
Pengertian
e-Business atau definisi
e-business adalah kegiatan
bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan
menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan
untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara
lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan
dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan
melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.
E-business
berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain:
pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai
(supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan
pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-business
memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan
perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di
antaranya.
Pengertian E-Commerce
Pengertian
E-Commerce atau definisi
e-commerce adalah kegiatan
komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan
komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis.
Kegiatan
e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online
(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI),
dll.
E-Business
Vs E-Commerce
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan
e-commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan
uang), sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang
sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen,
peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial
lainnya. Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan, e-commerce dan
e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan yang
lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang
dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana
mempromosikan produk melalui media Internet.
Manfaat
E-Business dan E-Commerce
A.
Manfaat
E-Business
Manfaat yang didapat atau manfaat dari e business itu sebagai
berikut :
a.
Memperluas pasar hingga mencakup pasar nasional dan pasar
global, sehingga
perusahaan bisa menjangkau lebih banyak pelanggan,
memilih pemasok terbaik, dan menjalin relasi dengan mitra bisnis yang dinilai paling cocok.
b.
Menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan,
menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas (paperbased information).
c.
Memungkinkan perusahaan untuk menerapkan mass
customization terhadap produk dan jasanya.
d.
Menekan waktu antara pembayaran dan penerimaan
produk/jasa.
e.
Meningkatkan produktivitas karyawan melalui rekayasa
ulang proses bisnis.
f.
Menekan biaya telekomunikasi.
g.
Manfaat-manfaat lainnya, seperti citra yang lebih baik,
layanan pelanggan yang lebih bagus, proses yang lebih sederhana, mitra bisnis
yang baru, waktu siklus dan pengiriman yang lebih singkat, akses terhadap
informasi yang lebih luas, biaya transportasi yang lebih murah, dan
fleksibilitas yang lebih tinggi.
h.
Fenomena jejaring (internetworking) memaksa perusahaan
untuk bekerja sama dengan berbagai mitra bisnis untuk dapat menawarkan produk
atau jasa secara kompetitif, sehingga kontrol kualitas, harga, dan kecepatan
penciptaan sebuah roduk atau jasa kerap sangat ditentukan oleh faktorfaktor
luar yang tidak berada di dalam kontrol perusahaan.
i.
Pembeli atau customer dapat dengan mudah melihat barang
yang di produksi perusahaan tersebut melalui internet, sehingga tidak repot
harus ke tempat hanya untuk melihat barang.
B.
Manfaat
E-Commerce
Secara umum e-commerce merupakan aktivitas perdagangan
melalui media internet. Manfaatnya dan keuntungannya banyak sekali yang dapat
dihasilkan, antara lainnya :
1.
Manfaat e-commerce bagi konsumen :
a.
Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk
berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper
setiap lokasi.
b.
Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan
kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
c.
Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa
yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan
melakukan perbandingan secara cepat.
d.
Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang
digitized, electronic commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
e.
Pelanggan bisa menerima informasi relevan secar detail
dalam hitungan detik, bukan lagi menjadi hari.
f.
Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam
pelelangan maya (virtual auction).
g.
Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan
untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar
pikiran serta berbagai pengalaman.
h.
Electronic commerce memudahkan persaingan yang pada
akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
2.
Manfaat e-commerce bagi masyarakat :
a.
Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja
didalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan
menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
b.
Electronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan
dijual dengan harga lebih rendah,sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli
lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
c.
Electronic commerce memungkinkan orang di Negara-negara
dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang
akan susah mereka dapatkan tanpa Electronic commerce. Ini juga termasuk peluang
untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
d.
Electronic commerce memfasilitsi layanan public, seperti
perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang
dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan atau dengan
kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya bisa menjangkau
pasien daerah pedesaan.
3.
Manfaat e-commerce bagi bisnis :
a.
Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan
diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja
dengan meningkatkan keuntungan.
b.
E-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya
tambahan. Sebuah perusahaan yang elakukan bisnis diinternet akan mengurangi
biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer
service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Singkatnya dari
semua yang telah dijelaskan dibagian atas tersebut manfaat dan keuntungan yang
didapatkan dari E-COMMERCE adalah sebagai berikut :
1.
Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu
tempat.
2.
Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tampa kesalahan, tepat
waktu.
3.
Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas
pelanggan.
Jenis E-Business berdasarkan pelaku dan
kategori aktivitas
Berikut
merupakan jenis-jenis dari E-Business, yaitu:
1. Business-to-Business (B2B). Semua partisipan di dalam
B2B e-commerce adalah pebisnis atau organisasi lain. Sebagai contoh beberapa aplikasi
Mark&Spencer’s terdiri B2B dengan supplier. Saat ini,
85% dari volume EC adalah B2B (Cunningham 2001).
2. Business-to-consumer (B2C). Meliputi transaksi eceran
(Retail transaction) dari suatu produk dan jasa dari pebisnis ke pembeli individu. Tipe pembeli
seperti di Mark&Spencer online atau pada Amazon.com
adalah customer atau consumer. EC tipe ini disebut juga e-tailing.
3. Business-to-business-to-Consumer (B2B2C). Tipe bisnis
ini menyediakan produk dan jasa untuk klien bisnis. Klien bisnis memelihara pelanggannya,
yang dapat sebagai karyawannya, untuk mana produk dan
jasanya disediakan tanpa menambahkan nilai tambah lainnya. Satu contoh adalah satu perusahaan
yang membayar AOL (American Online) untuk menyediakan
karyawannya akses internet (dari sekadar
4. Consumer-to-business (C2B). meliputi individu yang
menggunakan internet untuk menjual produk dan jasa kepada organisasi, seperti layaknya seorang
individu mencari penjual untuk untuk menawarkan produk
atau jasanya seperti yang mereka inginkan. Priceline.com dikenal sebagai C2B organizer untuk
beberapa transaksi.
5. Consumer-to-consumer (C2C). Dalam kategori ini,
konsumen yang satu akan menjual langsung kepada konsumen yang lain. Sebagai contoh seorang
individu menjual mobil, rumah (property), dan seterusnya
dalam klasifikasi online. Penawaran jasa individu melalui internet dan menjual pengetahuan
dan keahlian secara
online adalah contoh dari C2C. Sebagai tambahan, banyak
situs pelelangan mengijinkan kepada perorangan/individu
untuk menempatkan item-item mereka untuk di lelang.
6. Mobile commerce (m-commerce). Transaksi EC yang
dilakukan secara penuh atau sebagian di dalam lingkunagn nirkabel (Wireless). Sebagai contoh,
beberapa orang yang diperlengkapi dengan cell phones,
orang dapat melakukan order buku dari amazon.com atau hal-hal yang berhubungan
dengan perbankan. Banyak aplikasi m-commerce terdiri dari
perangkat bergerak berbasis internet (Internet-enabled mobile devices).
7. Intrabsuiness EC. Mencakup semua aktivitas internal
organisasi yang meliputi pertukaran barang, jasa, atau informasi diantara beberapa unit dan individu
di dalam
8. Business-to-employees (B2E). Adalah bagian dari
Intrabisnis, dimana suatu organisasi mengirimkan jasa, informasi, atau produk kepada karyawan
individu, seperti yang dilakukan oleh Maybelline.
9. Collaborative commerce. Ketika individu atau kelompok melakukan
kolaborasi, mereka akan tumbuh kedalam collaborative
commerce. Sebagai contoh, rekan bisnis di dalam suatu lokasi yang berbeda dapat mendesign
produk mereka secara bersamaan, menggunanakan screen
sharing, atau mereka secara bersama-sama memperkirakan jumlah permintaan dari suatu
produk, seperti yang dilakukan oleh Mark&Spencer dan
suppliernya.
10. Nonbusiness EC. Pertumbuhan jumlah dari institus
non-profit seperti institusi akademik, organisasi non-profit, organisasi kerohanian, organisasi social,
dan agen-agen
pemerintah yang menggunakan EC telah menurunkan pengeluaran
mereka atau untuk meningkatkan proses operasi dan layanan
kepada pelanggan.
11. E-Learning. Training atau edukasi yang disajikan
secara online. E-Learning digunakan secara mendalam di dalam suatu perusahaan untuk pelatihan
karyawannya (disebut e-training). E-Learning juga disebut
sebagai universitas maya.
12. Exchange-to-exchange (E2E). Merupakan Pasar Publik
Electronik (Public Electronic Market) diantara pembeli dan penjual.
13. E-Government. Di dalam e-Government EC, entitas di
dalam pemerintahan membeli atau menyediakan barang-barang, jasa, atau informasi kepada pelaku
bisnis (G2B) atau kepada warganya (G2C).
Ringkasan:
1. E-business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce
hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
2. E-commerce hanya mencakup transaksi bisnis
seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
3. E-commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan
uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
4.
E-business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi
layanan konsumen, dll.
Sebagai contoh disini saya
menggunakan web e-commerce bhineka.com
Bhinneka.com adalah bisnis online store yang bergerak di bidang
penjualan perangkat-perangkat IT atau teknologi. Penjualan ini didukung oleh
berbagai macam outlet dari bhinneka.com yang tersebar luas di beberapa tempat
di jakarta sehingga dapat menjangkau tempat-tempat yang jauh dan memudahkan
pengiriman maupun pembelian secara langsung, hal ini juga didukung oleh online
website yang tidak hanya berfungsi untuk memberikan informasi akan tetapi juga
berfungsi sebagai tempat bertransaksi, ini memberikan kemudahan kepada calon
pelanggan karena mereka tidak harus langsung datang ke toko tapi bisa membeli
dengan transaksi secara online, salah satu hal yang sangat diunggulkan dan
disebut sebagai hal yang sangat penting dari situs bhinneka.com adalah
fasilitas yang menyediakan harga-harga barang-barang elektronik dalam segala
macam jenis dan tipenya. Hal ini membuat para calon pembeli dapat membandingkan
dengan tempat lainnya sehingga bisa menentukan pilihan yang tepat. Banyak para
pengguna internet yang menggunakan website ini sebagai tempat untuk mendapatkan
referensi dari harga barang-barang elektronik.
target market : semua orang yang
mengunjungi situs ini
produk : barang elektronik
produk : barang elektronik
place : internet
sumber :
http://www.bhinneka.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar